Berkeluh Kesah Hanya Pada Allah

BERKELUH KESAH, YG TERBAIK HANYA DG ALLAH.

"Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan, ia berkeluh kesah. Apabila ia mendapat kebaikan, ia amat kikir.”
(QS. Al Ma’arij: 19-21)

Memang benar manusia diciptakan dengan sifat mudah mengeluh. Akan tetapi hal ini tidak bisa dijadikan pembenaran ketika kita hobi mengeluh. Pasalnya, nikmat yang kita peroleh selalu lebih banyak dari kesulitan yang bisa kita keluhkan. Jadi, sebenarnya kurang pantas jika kita banyak mengeluh.
Coba dibalik perbanyak syukur dan penuhi hidup ini dg rasa bersyukur,  betapa nikmatnya yg telah Allah berikan.

Jika keluh kesah di lakukan kepada sesama makhluk maka akan berpotensi kepada hal-hal yang negatif, bahkan semakin dibuka aib.
Karena terkadang tidsk selamanya sesama teman baik terus,  kalau lagi tidak akur,  maka dibukalah itu semua aib,  karena manusia ada sifat pendendam.

Kenapa harus berkeluh kesah dg orang?  Atau tidak pada orang yg tepat,  bisa berakibat kurangnya percaya diri, kurangnya keimanan dan ketaqwaan, karena ia hanya melakukan keluh kesahnya kepada sesama makhluk, sementara yang menciptakan keluh kesah itu adalah Allah .

Jadi hanya kepada Allah sajalah tempat untuk mengadukan segala kesusahan hati, keresahan hati, kegundahan hati dan lain sebagainya yang menyangkut tentang hati dan perasaan yang sebagai sumber timbulnya rasa keluh dan kesah ini.

Teruslah sadari bahwa kita nyaris tak memiliki alasan untuk mengeluh!
Namun demikian, karena pada dasarnya manusia adalah tukang mengeluh, kalaupun ingin mengeluhkan sesuatu, bersimpuhlah dengan ribuan keluhan di atas sajadah, mengeluh hanya pada Allah! Karena sebenarnya Allah amat menyukai keluhan kita, mungkin itulah sebabnya Allah mendesain manusia sebagai makhluk yang selalu berkeluh kesah.

“Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.”
(Q.S.Yusuf 12:86).

Inilah suatu sikap kepasrahan total kepada Allah Ta'ala dengan mengadu, dan berkeluh-kesah hanya kepada-Nya, setelah berusaha dg maksimal dibarengi doa.

Perlu diingat, Allah tidak menyukai keluhan yang kita adukan ke sesama manusia, melainkan keluhan yang kita adukan padaNya saja. Karena keluhan kita pada Allah merupakan bentuk pengakuan atas kelemahan kita sebagai manusia. Keluhan pada Allah juga membuktikan bahwa kita senantiasa mengingat dan membutuhkan pertolonganNYa.

“Siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan… Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).” (QS. An-Naml : 62)

Wallahu a'lam bish-shawab.
Semoga Allah selalu memberikan petunjuknya bagi kita semua.

Materi Training/Seminar Rezeki Healing
METODE PERCEPATAN PERTOLONGAN ALLAH.

Salam Rezeki Berlimpah
Anaz Almansour
Founder Rezeki Healing

Komunitas Rezeki Berlimpah (Rezeki Healing)
Telegram : bit.ly/MRH_JoinTelegram

#rezekihealing 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umur Atau Uang

Pola Menjemput Rezeki Berkah

Benahi Sholatmu Maka Allah Memperbaiki Hidupmu