Sedekah Diwaktu Sempit

SEDEKAH DI WAKTU SEMPIT

Saat kita ada dan mampu bersedekah itu biasa,  itu aja masih banyak yg enggan untuk bersedekah,  dan kita disaat kondisi sempit tapi masih mau melakukan sedekah ini yg luar biasa,  karena nilai Spiritual yg ada pada dirinya sudah sangat baik.

Allah berfirman : “Alladziina yunfiquuna fissarraa-i wadhdharra-i” (Orang yang bertakwa yaitu) orang yang berinfak baik di waktu lapang maupun diwaktu sempit. (Q.S Ali Imran 134).

Syaikh as Sa’di berkata tentang ayat ini : Yaitu pada saat keadaan mereka sedang sulit atau keadaan mereka sedang lapang. Bila mereka lapang maka mereka (orang yang takwa ini) akan berinfak lebih banyak. Apabila mereka sedang kesulitan mereka tidak menganggap remeh suatu kebaikan walaupun hanya (berinfak) sedikit (Tafsir Karimur Rahman)

Orang yang dalam keadaan sempit, dia bersedekah sedikit  nilainya disisi Allah bisa jadi lebih besar dari orang yang dalam keadaan lapang dan  memiliki harta  melimpah lalu dia bersedekah dalam jumlah yang banyak. Itulah keadilan Allah.

Yang dimaksud dengan sedekah di waktu sempit adalah melakukan sedekah ketika diri kita sendiri bukan dalam posisi yang berkecukupan atau berkelebihan.

Dengan bersedekah saat dalam keadaan sempit , tentu ini adalah salah satu bukti tentang keimanan kita. Meskipun dalam keadaan yang sempit, seseorang bersedekah akan mendapatkan imbalan atau ganjaran yang berlipat dari Allah SWT.

Orang yang istimewa di hadapan Allah adalah orang yang ketika lapang dan banyak harta rajin bersedekah dan ketika sedang miskin dan sempit hartanya tak lantas menghentikan sedekahnya. ... Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. ”
(QS Ali-Imran: 133-134).

Hikmah sedekah di waktu lapang dan sempit

Bersedekah adalah perbuatan yang sangat dianjurkan, baik dalam keadaaan lapang maupun sempit. Namun apakah hikmah yang bisa kita dapatkan dengan melakukan sedekah di waktu lapang dan sempit?

Allah sangat menyukai seseorang yang ketika dalam keadaan lapang dan memiliki banyak harta ia rajin dalam mensedekahkan hartanya. Dan meskipun orang tersebut tidak lagi kaya atau dalam keadaan yang sempit, hal tersebut tidak menghentikannya dari melakukan sedekah.

Oleh karena itu, Orang yang bersedekah dalam waktu lapang dan sempit adalah orang yang istimewa bagi Allah Subhanahu wa ta’ala
Karena dengan bersedekah akan menghilangkan sifat sombong yang kita miliki serta membuktikan keimanan yang kita miliki.

Dengan bersedekah baik di waktu lapang maupun sempit, seseorang akan menjadi istimewa bagi Allah Subhanahu wa ta’ala serta mendapatkan berbagai keutamaan serta hikmah tersendiri.

Wallahu a'lam bish-shawab.
Semoga Allah selalu memberikan petunjuknya bagi kita semua.

Materi Training/Seminar Rezeki Healing
Aplikasi The Miracle Of Sedekah  dan Metode Percepatan Pertolongan Allah

Salam Rezeki Berlimpah
Anaz Almansour
Founder Rezeki Healing

Komunitas Rezeki Berlimpah (Rezeki Healing)
Telegram : bit.ly/MRH_JoinTelegram

#rezekihealing 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umur Atau Uang

Pola Menjemput Rezeki Berkah

Benahi Sholatmu Maka Allah Memperbaiki Hidupmu