Amalan Penenang Jiwa

Amalan Agar Jiwa Tenang 

☑Sholat

Sholat adalah ibadah kepada Allah yang dilakukan dengan khusu’  mengingat Allah. Sholat yang khusu’ bisa membuat seseorang hamba lebih dekat dengan Rabbnya. Kedekatan hati dan jiwa membuat seseorang menjadi tenang dan lebih positif. 

Dalam Alquran Allah berfirman:

“ Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS. Al Baqarah ayat 153)

Dalam ayat ini Allah manawarkan beragam cara diantaranya adalah sholat dan juga sabar. Karena memang kesabaran adalah bentuk dari jiwa yang tenang dan ikhlas. Orang yang tidak sabar akan selalu gelisah, serakah dan tidak bersyukur terhadap apa yang diberikan Allah padanya, dan ini adalah bentuk dari jiwanya yang tidak tentram.

Sholat yang dapat menenangkan jiwa tidak hanya sholat wajib, macam-macam shalat sunnah pun bisa membuat hati menjadi tenang, seperti shalat malam sebelum tidur, zikir sebelum tidur. Rasulullah SAW bersabda :

“ Hendaklah kalian mengerjakan qiyamul lail, sesengguhnya itu adalah kebiasaan orang-orang sebelum kalian, mendekatkan diri pada Allah ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan mencegah penyakit dari badan”. (HR. At Turmuzi dan Al-Hakim)

Anaz Almansour 
Founder Rezeki Healing 

#rezekihealing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umur Atau Uang

Pola Menjemput Rezeki Berkah

Benahi Sholatmu Maka Allah Memperbaiki Hidupmu