Sedekah Diwaktu Sempit

Kajian Rezeki Healing 

Diwaktu Kondisi Sempit Tapi Kenapa Dianjurkan Untuk Sedekah? 

Sering kita berfikir jika bersedekah hanya di saat kita sedang mampu saja. Manakala keuangan sedang terjepit kita menganggap tidak perlu untuk bersedekah dengan alasan diri sendiri saja sedang sulit, jika harus bersedekah bagaimana nasib kita nanti.

Rumus sedekah memang tidak bisa dilogika memakai ukuran manusia. 
padahal saat kita bersedekah harta kita bukan kurang berapa,  tapi harta kita menjadi berapa. 

Allah yang mengatur segalanya. Sedekah merupakan pintu kemudahan terhadap kesempitan yang sedang kita alami. Sebagaimana yang difirmankan Allah Subhanahu Wa Ta’ala

“Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rejekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah diberikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangam sesudah kesempitan,” (QS. Ath-Thalaq : 7).

Saat kita mengalami kesulitan entah itu terlilit hutang yang tiada habisnya, anak susah di atur, sakit yang tak kunjung sembuh, jodoh yang belum juga menghampiri dan berbagai masalah lain, lakukan  untuk SEDEKAH.

Sedekah itu merupakan obat mujarab menanggulangani segala KERUMITAN HIDUP. Sedekah juga merupakan bukti sejauh mana seorang hamba telah YAKIN dan PERCAYA dengan janji yang diberikan Allah.

Bagi seseorang yang imannya kokoh dan tidak ada setitikpun keraguan, melakukan sedekah tidak akan melihat dirinya dalam keadaan lapang ( banyak uang/ harta ) ataupun 
sulit ( miskin ). 

Sedekah bukan memberikan sebagian rezeki kita ke orang lain tanpa arti. Di saat kita bersedekah Allah membuka pintu kemudahan selebar-lebarnya terhadap kesulitan yang sedang kita alami. Seberapapun besarnya kesulitan itu.

Tapi bagaimana jika kita sedang tidak memiliki apapun untuk disedekahkan? 

Sedekah itu tidak hanya bersifat materi. Bahkan senyum kepada orang lain juga termasuk sedekah. Berbuat kebaikan semaksimal yang kita mampu dengan menolong sesama yang membutuhkan kita juga merupakan sedekah. Apapun bentuk sedekah kita, maka Allah akan membalasnya dengan kemudahan-kemudahan yang di luar dugaan kita.

Perintah Allah berinfaq pada waktu lapang tujuannya untuk menghilangkan perasaan SOMBONG, SERAKAH dan CINTA yang BERLEBIHAN terhadap HARTA. 

Sedangkan BERSEDEKAH di waktu SULIT dianjurkan agar sifat manusia yang lebih suka diberi dari pada memberi bisa berubah menjadi suka memberi daripada diberi. 
Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam 
pun mengingatkan kita untuk jangan segan untuk bersedekah, meski hanya dengan sebutir kurma. "Jauhkanlah dirimu dari api neraka walaupun dengan (bersedekah) sebutir kurma." (HR Muttafaq Alaih).

Maka jika bersedekah di saat dalam kesempitan atau kesusahan  Inilah yang bisa dikatakan luar biasa.

"Orang yang istimewa di hadapan Allah adalah orang yang ketika lapang dan banyak harta rajin bersedekah dan ketika sedang miskin dan sempit hartanya tak lantas menghentikan sedekahnya. ... Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. ” 
(QS Ali-Imran: 133-134).

 Apak kita mampu melakukan sedekah di waktu sedang susah? 
Hanya mereka yang dianugerahi keteguhan iman yang akan kuat dan mampu melakukannya. Orang yang menjadi istimewa di depan Allah adalah mereka yang saat sedang lapang dan berlimpah harta rajin bersedekah dan ketika sedang kesusahan atau sempit harta, tak lantas berhenti sedekahnya.

Wallahu a'lam bish-shawab.
Semoga Allah selalu memberikan petunjuknya bagi kita semua.

Materi Training/Seminar Rezeki Healing 
MIRACLE OF SEDEKAH. 

Salam Rezeki Berlimpah 

Anaz Almansour (Wan Abi) 
Founder Rezeki Healing 

Komunitas Rezeki Berlimpah (Rezeki Healing) 
Telegram : bit.ly/MRH_JoinTelegram

#rezekihealing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umur Atau Uang

Pola Menjemput Rezeki Berkah

Benahi Sholatmu Maka Allah Memperbaiki Hidupmu