Takdir Kadang Bertentangan Dg Logika

Takdir Kadang Bertentangan Dengan Logika.

Seringkali otak kita yang terbatas berusaha untuk menentukan jalan hidup kita sendiri. Kalo saya kerja keras, ikhtiar gak kenal lelah buat sukses, saya pasti sukses, gak mungkin gak. 

Padahal kenyataannya gak begitu bukan?
Seringkali kita udah ikhtiar, kerja  siang malam, usaha gak kenal henti, kita udah pake semua prisip-prinsip ekonomi yang diajarkan, udah patuh semua aturan, logikanya pasti rezeki kita bagus.. 

Kenyataannya kan gak selalu demikian? 
Seringkali usaha dan ikhtiar itu gak membuahkan hasil. Yang kita peroleh adalah kegagalan dan kesusahan. Seringkali juga terjadi hal sebaliknya. 

Kita usahanya biasa-biasa aja, malah cenderung pasrah menerima keadaan terburuk, ternyata hasilnya di luar dugaan. Hasilnya lebih banyak, bahkan lebih dari yang kita butuhkan..
Rezeki adalah takdir Ilahi. Kita gak bisa memprediksinya, kapan datangnya dan berapa jumlahnya, datangnya lewat mana juga kita gak tau pasti. Semua misteri. 

Jadi usaha yang kita lakukan buat nyempurnain ikhtiar, nunjukin kalo kita tuh serius, kalo kita betul-betul berusaha menggapai impian kita. Kalo hasilnya nanti gak sesuai harapan itu udah takdir (ketentuan Allah). 
Kalo kita gak berusaha kita gak akan pernah tahu apakah berhasil ato gak kan?

Logika untuk membantu kita berjuang memperbaiki nasib dan kondisi kita. Kita diberi pikiran sadar untuk menimbang apakah sesuatu itu mungkin, sesuatu itu benar, sesuatu itu baik ato tidak. 

Logika membantu kita berpikir layaknya manusia berakal yang beda dengan hewan yang hanya mengandalkan naluri / insting. Logika yang membantu ikhtiar kita agar sejalan dengan apa yang kita inginkan. Karena logika hanya alat bantu, maka gak bisa nentuin apa yang kta ikhtiarkan itu berhasil ato gak. 

Logika bisa memprediksi tapi hasilnya belum tentu sama dengan apa yang diprediksikan tersebut. Peluang untuk terjadinya hal yang sebaliknya pun sama besarnya. 

Di sinilah peranan takdir.Takdir adalah ketentuan Allah yang menjadi misteri bagi kita. Takdir inilah yang menentukan apakah sesuatu yang kita usahakan akan berhasil atau tidak. Itu sebabnya usaha gak akan mengubah rezeki kita. 

Apapun yang kita lakukan di dunia ini sebenarnya hanyalah menjalankan apa yang telah ditakdirkan untuk kita.  
Tapi takdir ini misteri, kita gak akan pernah tau bagaimana takdir kita sampe kita menjalaninya.

Logika memanusiakan kita sementara takdir menyempurnakannya..

Anaz Almansour 
Founder Rezeki Healing 

#rezekihealing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umur Atau Uang

Pola Menjemput Rezeki Berkah

Benahi Sholatmu Maka Allah Memperbaiki Hidupmu