Beda Ujian Azab Dan Istidraj

BEDA NYA UJIAN ADZAB ISTIDRAJ DARI ALLAH

🚩UJIAN.

Ujian adalah bentuk musibah yang Allah berikan kepada hamba-Nya yang beriman. Bertujuan untuk menguji sejauh mana keistiqomahan serta sekuat apa keyakinanmu akan keesaan Allah.

Dalam Al Qur’an Allah berfirman dalam surat Al Ankabut ayat 2 yang berbunyi, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?”

Ketika masalah kehidupan menghampiri ia memang di awal nya susah hati, tetapi susah nya itu hanya sebentar. Tidak berkepanjangan..! Ia akan lebih cepat bersabar dan ridho akan ketentuan Allah. Lama kelamaan susah nya itu pun sirna. 

Dan ketika masalah datang lagi.. ia tidak susah hati. Dan masalah itu di anggap nya sebagai pembelajaran Allah untuk meningkatkan keimanan nya.

Ujian ini biasanya diberikan seperti kebangkrutan, kurangnya harta, takut kelaparan, fitnah, cacian serta permasalahan dengan manusia melalui perkara dunia.

Selanjutnya, agar lulus dari ujian yang Allah berikan, kita harus senantiasa ikhlas dan sabar dalam menerima dan menjalankannya. Meski mungkin sangat berat untuk dilalui, asalkan tidak meninggalkan ibadah dan malah semakin giat dalam beribadah, maka kemudahan akan datang setelahnya.

Jangan terbesit sekalipun untuk berpikir bahwa Allah tidak mencintai kita. Tidak sama sekali. Justru Allah ingin membuat kita lebih kuat lagi dalam beriman, menjalani kehidupan dan bertawakkal akan segala keputusan Allah .

🚩ADZAB,

Adzab adalah sebuah musibah yang Allah turunkan bagi para hamba-Nya yang selalu melalaikan kewajiban dalam ketaatan atapun beribadah kepada Allah . 
Adapun tujuan dari Allah menurunkan adzab adalah sebagai sebuah bentuk peringatan untuk kembali pada-Nya dan juga peringatan kepada orang-orang disekitarnya agar senantiasa beribadah dan taat kepada perintah Allah 

Sedangkan adzab ini ialah masalah yang membuatkan kita susah hati berkepanjangan. Jangan kan di saat terjaga . Di dalam tidur pun kita di kejar oleh masalah. Masalah itu pun menghampiri lewat mimpi-mimpi yang menyeramkan.

Susah, susah, dan terus menerus hati nya susah. Susah terus berkepanjangan. ini adalah bentuk adzab Allah di dunia. Sungguh sangat pedih.

Masalah belum selesai, datang lagi masalah baru. Hati belum tenang, sudah susah lagi lebih ketakutan.. ini adalah bentuk adzab Allah.

Jika kita sedang merasakan itu.. cepat-cepat lah memohon ampun kepada Allah.

Karena itulah, terkadang Allah memberikan musibah sebagai sebuah ‘sentilan’ agar kita kembali kepada-Nya. Hal tersebut merupakan bukti sayangnya Allah terhadap kita agar senantiasa ingat dan beribadah kepada Nya. Musibah yang turun bukanlah tanda Allah membenci kita, melainkan tanda kasih sayang-Nya.

🚩 ISTIDRAJ

Istidraj adalah salah satu bentuk kesenangan yang Allah berikan kepada hamba yang lalai terhadap-Nya. Terlihat sebagai sebuah bentuk kebahagiaan namun sejatinya istidraj adalah bentuk jebakan.

Bagi mereka yang tak pernah sholat, zakat atau menunaikan kewajiban lainnya namun segala urusannya lancar serta rejekinya terus bertambah, beban hidup tak terlihat, yang ada hanya berfoya-foya dan hidup dalam kesenangan duniawi, tanda itulah yang dimaksudkan sebagai istidraj.

Istidraj bahkan lebih mengerikan karena adzab yang pedih kelak menanti di hari pembalasan. Istidraj adalah suatu bentuk yang Allah berikan kepada mereka yang gila dalam mencintai dunia. Ia mengunci hatinya akan akhirat dan Allah membiarkan mereka dalam kesesatan yang nyata agar celaka karena lalai dalam beribadah akibat terlalu sibuk dalam urusan dunia.

Lantas, mengapa Allah membiarkan hal itu terjadi? Hal ini lantaran Allah sudah memberikan peringatan namun mereka tetap gelap mata akan kebenaran. Akibat dari dosanya yang besar, maka Allah pun mengunci hati mereka dari hidayah. Mereka dibiarkan menikmati kesenangan dunia hingga akhir hayatnya sehingga seluruh dosanya ditangguhkan di hari akhirat. Naudzubillahimindzalik. 
Semoga kita tak termasuk ke dalam istidraj ya!

Anaz Almansour 
Founder Rezeki Healing 

#rezekihealing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umur Atau Uang

Pola Menjemput Rezeki Berkah

Benahi Sholatmu Maka Allah Memperbaiki Hidupmu